Home / Banten / Pemkab Tutup Mata Soal Perusahaan Pengolahan Pasir Silika Tanpa Papan Perusahan di Daerah Kibin

Pemkab Tutup Mata Soal Perusahaan Pengolahan Pasir Silika Tanpa Papan Perusahan di Daerah Kibin

Rilisnews SERANG- Sejumlah perusahaan di Kabupaten serang yang bergerak dalam penambangan pasir silika yang beoperasi di daerah kibin sampai Cikande,  Kabupaten Serang, tidak memiliki papan nama tapi tetap beroperasi, menariknya perusahaan ini disinyalir sudah beroperasi bertahun-tahun tapi enggan memasang papan nama diduga untuk menghindari pajak.

Keberadaan perusahaan tanpa papan nama ini kemungkinan sudah dikatahui Pemkab serang tapi anehnya hingga saat ini belum ada tindakan penertiban.

NH Aerul Ketua Gerak indonesia DPD Provinsi Banten kepada wartawan menyampaikan keprihatinannya, Rabu 18/04/2018.

“Sesuai aturan, syarat utama mendirikan perusahaan wajib memasang papan nama. Itu sesuai UU Nomor 28 tahun 2009 tentang pajak dan retribusi daerah, apalagi perusahaan ini yang memiliki investasi ratusan bahkan miliaran rupiah  ”. Katanya.

Lanjut Aerul, Semua jenis usaha wajib memasang papan nama sebagai pajak reklame. Dan jika itu dilanggar maka Badan Pelayanan Perijinan Terpadu harus mengambil tindakan berupa peringatan atau sanksi lain dengan tegas, Pajak reklame merupakan salah satu pajak untuk peningkatan pendapatan asli daerah dan itu tugas Perijinan untuk melakukan penertiban.

“Dengan tidak adanya plang nama perusahaan yang berlokasi Desa Ocit Kecamatan Kibin, Kabupaten Serang, Gerak indonesia akan mengirim surat Klarifikasi kepada pimpinan perusahaan mempertanyakan perijinan dan pengupahan karyawan.

Aerul menambahkan, Pihaknya juga akan mempertanyakan kepada pemerintah kecamatan kibin terkait ijin perusahaan, kalau tidak ada register di kantor kecamatan perijinannya, berarti perusahaan tersebut benar belum memiliki ijin. Maka kami dari gerak indonesia dpd provinsi banten akan mengirim surat Somasi terkait teguran hukum memakai Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gerak Indonesia agar permasalahan yang ada segera di proses sesuai peraturan dan perundang undangan.

“Bahkan dari pantauan kami jumlah perusahaan yang tidak menggunakan papan nama dari tahun ke tahun terus bertambah jumlahnya tapi tidak ditertibkan”. Tambahnya. Srd

5Shares

Comments

comments

Check Also

Brimobda Banten Laksanakan Pengamanan Kampanye Cawapres

RILISNEWS SERANG- BANTEN Sebanyak 106 anggota Batalyon A pelopor Satbrimob Polda Banten satuan Brimobda Banten …