Home / Banten / BPBD PROVINSI BANTEN SELENGGARAKAN KEGIATAN KESIAPSIAGAAN

BPBD PROVINSI BANTEN SELENGGARAKAN KEGIATAN KESIAPSIAGAAN

Rilisnews Serang – Seiring banyaknya  terjadi bencana di beberapa daerah di Indonesia mulai dari Kabupaten Lebak Wilayah Selatan, Lombok Provinsi TNB,  Palu, Donggala, Sigi   Provinsi Sulawesi Tengah  hingga Situbondo Provinsi Jawa Timur yang baru terjadi dalam waktu dekat ini.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten dalam rangka kesiapsiagaan dan mitigasi bencana yang mungkin terjadi di Provinsi Banten, menyelenggarakan kegiatan penyusunan rencana kontijensi (RENKON) bencana tsunami di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang-Banten  (11/10/18)

Hadir sebagai Narasumber pada kegiatan tersebut Kabid Pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten, Pakar Bencana UNTIRTA Serang dan sebagai Moderator Kasi Kesiapsiagaa  BPBD Provinsi Banten.

Peserta yang hadir pada kegiatan tersebut  terdiri dari bebagai unsur diantaranya BPBD Kabupaten Serang, TNI/POLRI, Dinas Sosial Kabupaten Serang Puskesmas, PVMBG Pos Pengamatan Gn.Anak Krakatau, Unsur Muspika Kecamatan Cinangka, beberapa perwakilan desa terdampak dan Oraganasi Relawan Kebencanaan yg berada di Kecamatan Cinangka.

Kegiatan Penyusunan  Renkon Bencana Tsunami yg dilaksanakan pada hari ini adalah sebagai kegiatan lanjutan yg sudah dilaksanakan pada (2/10/18) yang lalu, Dengan Narasumber dari Kalak BPBD Kabupaten Serang, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten, Camat Cinangka, Dan Pakar Bencana UNTIRTA Serang.

Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provisi Banten Drs.M.Juhriyadi mengatakan “Bahwa kegiatan penyusunan renkon bencana Tsunami di Kecamatan Cinangka ini sebagai betuk perhatian dari Pemerintah Provinsi Banten dalam upaya menyiapkan seluruh unsur yang terlibat dalam rangka meminimalisir dampak dari bencana yang mungkin terjadi di Wilayah Provinsi Banten khususnya di Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.

Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Banten Ayub Andi Saputra,S.Ag.M.Si menambahkan “diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan penyusunan renkon ini dapat menjadi panduan bagi seluruh unsur yang terlibat agar lebih dapat memahami tupoksi masing-masing diantara SKPD terkait, TNI/POLRI dan Relalawan dalam penanggulangan bencana yang terkoordinas dan terpadu” Ayub juga mengatakan “bahwa BPBD Provinsi Banten telah memiliki beberapa dokumen rencana kontijensi bencana tsunami pada daerah terdampak di Wilayah Provinsi Banten diantaranya untuk di Kabupaten Lebak Kecamatan Malingping, Wanasalam, Panggarangan, Cihara, Bayah, Cilograng,  Kabupaten Pandeglang Kecamatan Panimbang, Sumur, Cikeusik dan Kabupaten Serang Kecamatan Cinangka” yang nantinya dokumen yang sudah dibuat tersebut akan di bagikan ke beberapa derah terdampak bencana di Provinsi Banten sebagai Pedoman pada saat tanggap darurat. Ujarnya. ( R. Arief )

 

_____________________________________________

 

2Shares

Comments

comments

Check Also

Sambangi Penjaga Pintu Rel Kereta, Ditsamapta Polda Banten Sampaikan Pesan Khantibmas

Sambangi Penjaga Pintu Rel Kereta, Ditsamapta Polda Banten Sampaikan Pesan Khantibmas SERANG – Upaya memberikan …