Home / Tangerang / Kacamata Politik Hukum, Ekonomi

Kacamata Politik Hukum, Ekonomi

Rilisnews Tangerang – Tanggal 12 november 2018, Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Jakarta menggelar seminar nasional, dengan mengangkat tema “DEMOKRASI HARI INI: Dalam kacamata Politik Hukum, Ekonomi, HAM, Filsafat, Agama dan Milenial.

Narasumber yang di hadirkan adalah Tokoh-Tokoh besar yang tak asing di pemberitaan baik media sosial, tv, maupun cetak. Seperti Prof. Yusril Ihza Mahendra, Rocky Gerung, Faisal Basri, M.Ali Taher dan Natalius pigai.

Enday hidayat selaku mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum diberikan kesempatan untuk menyampaikan Orasi tentang demokrasi.

Dalam orasinya, enday hidayat menyampaikan kekhawatirannya tentang demokrasi hari ini, poin pentingnya adalah demokrasi harus menjamin bahwa keadilan dan kesejahteraan harus dirasakan oleh seluruh masyarakat indonesia, demokrasi harus di di fahami secara substansial bukan hanya aspek prosedural semata seperti pemilihan umum.

“Orasi ini adalah satu bentuk kehawatiran saya dan mungkin juga kehawatiran seluruh mahasiswa di indonesia terkait demokrasi indonesia hari ini. Saya melihat hari ini demokrasi hanya di maknai hanya sebatas aspek proseduran saja, yaitu pemilihan umum. Padahal demokrasi secara substansial adalah satu sistem yang di pilih oleh indonesia yang bertujuan untuk Menjamin Hak asasi manusia, menjamin keadilan serta menjamin kesejahteraan warga negara indonesia. Oleh karna nya dalam orasi, saya mengajak kepada setiap elemen masyarakat indonesia, khususnya adalah mahasiswa untuk memahami demokrasi secara mendalam dari berbagai sudut pandang, ujar enday hidayat saat kami wawancarai.

Para Narasumber seperti Ali Taher (ketua komisi VIII DPR-RI, Rahmat Salam), (Sekda Kota Tangsel), Yusril Ihza Mahendra (pakar hukum tatanegara) dan Faisal Basri (ekonom indonesia) mengapresiasi dan turut serta memberikan komentar, kritikan serta apresiasinya terhadap Orasi yang di sampaikan Enday Hidayat.

“Orasi seperti memberikan penyegaran kembali kepada mahasiswa bahwa demokrasi harus terus di kaji secara mendalam, tutur Ali Taher saat mengawali pembicaraannya di seminar tersebut.

Peserta seminar yang hadir sangat antusias dan memenuhi Auditorium UIN Jakarta, peserta yang hadir mencapai 1000-an orang dan di hadiri tidak hanya dari mahasiswa uin jakarta saja, tetapi ada yg dari unpam, umj, mustopo, bahkan ada yang dari jawa timur, iain padang sidempuan sumatera utara dan dari Makassar. Red

 

____________________________________________

 

0Shares

Comments

comments

Check Also

PEMERINTAH KELURAHAN CIPUTAT, GANDENG GANN DPC TANGSEL & BNNK TANGSEL CERDASKAN MASYARAKAT LEWAT PENYULUHAN BAHAYA NARKOTIKA

RILISNEWS TANGSEL – Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 130 Tahun 2018 Tentang …