Home / Daerah / Kapolres Lamsel Hadiri Pengukuhan dan Bimbingan Teknis

Kapolres Lamsel Hadiri Pengukuhan dan Bimbingan Teknis

Rilisnewa Lampung – Kapolres Lampung Selatan menghadiri acara pengukuhan dan bimbingan teknis relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019 di Aula Krakatau Pemda Lampung Selatan, Rabu (30/1/2019).

Dalam acara tersebut turut hadir diantaranya, Ketua KPU Lampung Selatan M. Abdul Hafid, Anggota Komisioner KPU korwil Lamsel Dra. Handy Mulyaningsih, M.Si, Kapolres Lamsel AKBP M. Syahran, Asisten Bid. Pemerintahan & Kesra LS Supriyanto, Pasi Intel 0421 LS Lettu Paino, Titik Sutriningsih, Sri Fahtimah, Hendra Apriansyah, Mislamudin (Komisioner KPU Lampung Selatan), Bejo Purnomo (Sekertaris KPU Lampung Selatan), Syamsul Bahri SE (Kasubag Teknis Pemilu KPU Lampung Selatan), Asep (Kasubag Umum KPU Lampung Selatan), Darmawan (Kesbangpol Lampung Selatan), Eko Juli (Perwakilan Lapas Kalianda), dan 55 Relawan Demokrasi (Relasi).

Pengukuran relawan demokrasi dan membacakan fakta integritas relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019 Kab. Lampung Selatan oleh perserta relawan demokrasi.

Kapolres Lampung Selatan AKBP M. Syahran mengejelaskan antara lain, relawan Demokrasi tanpa didukung anggaran, namun tetap berjalan dan saya sgt apresiasi kepada relawan. Apa yang disampaikan dalam ikrar /janji- janji pada saat pengukuhan agar dapat dilaksanakan

“Janji relawan demokrasi apabila terhadap pelanggaran akan diberikan sanksi, apa sudah siap. Relawan tidak berkerja sendiri, tetapi bersama kita untuk mensukseskan pemilu 2019, “katanya.

Lebih lanjutnya, Kapolres mengatakan, Kita harus mengawal pemilu Tahun 2019 harus sukses, berikan pemahaman yg benar kpd masyarakat / pemilih untuk menggunakan hak pilihnya, berikan pengetahuan dan pemahaman tentang apa yang harus dilakukan pada saat pencoblosan, kapan pelaksanaan, dan diharapkan masyarakat dapat mempergunakan hak pilihnya krn kegiatan pemilu hanya 5 tahun sekali.

“Suhu politik saat ini, hrs panas kita cermati dgn baik dan berikan informasi yg menyejukkan kepada pemilih, agar tercipta suasana aman, damai dan lancar pemilu 2019,” terangnya

Sementara, anggota Komisioner KPU Lampung/Korwil Lamsel),Dra. Handy Mulyaningsih, M.Si menerangkan, relawan Demokrasi yang sudah di pengukuhan sudah menjadi bagian penyelenggaraan, namun bukan organisasi dari KPU tetapi bentuknya hanya relawan.

Tugas relawan untuk meningkatkan pemahaman kepada masyarakat Lampung Selatan. Seperti pemilu apa, sudah pernah mencoblos belum, kapan mulai mencoblos, jam berapa, cara mencoblosnya dll. Tugas relawan menandatangi masyarakat yang tadinya tidak paham, menjadi paham.

“Pemilu 2019 merupakan pemilu serentak yang akan diselenggarakan dalam pemilih DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan Pemilih Presiden dan Wakil Presiden,” ucapnya.

Selian itu, relawan demokrasi tidak akan langsung turun kelapangan, tanpa ada pembekalan dengan Bimtek. Relawan sebelum turun kelapangan akan diberikan Bimtek terlebih dahulu.

Pada kesempatan yang sama. Asisten Bid. Pemerintahan dan Kesra LS Supriyanto membacakan sambutan Bupati Lampung Selatan antara lain, menyambut baik diselenggarakan bimbingan teknis dan kami memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para relawan demokrasi yang hari ini akan mengikuti bimbingan teknis. Para relawan ini adalah orang-orang terpilih yang diharapkan akan dapat menjalankan tugas dan fungsinya untuk menyampaikan pendidikan atau sosialisasi Pemilu kepada masyarakat.

“Peran relawan demokrasi ini sangat strategis guna meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pemilu tahun 2019, dimana para relawan harus dapat masuk ke berbagai basis yang meliputi basis keluarga, pemilih pemula, pemilih mudam perempuan, penyandang disabilitas, pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, komunitas, keagamaan dan lain-lainnya, ” tambahnya.

Pemilu Tahun 2019 ini akan diwarnai dengan berbagai kompleksitas karena sangat berbeda dengan pemilu sebelumnya tahun 2014 yaitu soal keserentakan, dimana pemilih akan melakukan pencoblosan surat suara secara bersamaan baik untuk Presiden/Wakil Presiden, maupun DPR/DPD, dan DPRD Provinsi/ Kabupaten/Kota.

“Sehingga pemilu 2019 dapat dipastikan akan diwarnai dengan berbagai kompleksitas baik pada aspek penyelenggaraan, pengawasan, maupun pada aspek partisipasi pada masyarakat pemilih, ” tandasnya.

Acara kemudian dilanjutkan, bimbingan teknis kepada relawan Demokrasi Pemilihan Umum Tahun 2019.(Red)

0Shares

Comments

comments

Check Also

LKIN hadir di Sulsel berantas Kasus Korupsi bersinergi dengan APH

Rilisnews Makassar – Kehadiran Lembaga Kajian Investigasi Nasional(LKIN) di Sulawesi Selatan mendapat perhatian khusus sejumlah …