Home / Hukum / Sidang Lanjutan Gugatan Warga Terhadap Pemkab Tangerang.

Sidang Lanjutan Gugatan Warga Terhadap Pemkab Tangerang.

Rilisnews Tangerang- Sidang Gugatan lanjutan Badan Penelitian Aset Negara (BPAN) Aliansi Indonesia yang diberi kuasa oleh warga kampung sungai turi rt 02 rw10 desa Laksana Kecamatan Paku haji Kabupaten Tangerang terhadap pemkab mengenai sikap tidak setujunya warga setempat karena diportalnya akses jalan desa bergulir dipengadilan negeri Kota Tangerang, rabu 13/03/2019 – 10.00 wib

Sidang Gugatan terhadap pemerintah Kabupaten (Pemkab)  Tangerang yang dipimpin Hakim Halomoan,SH seharusnya dijadwalkan masuk dalam sidang yang ke-2, namun dikarenakan adanya kekurangan administrasi yang harus dilengkapi penggugat (Aliansi Indonesia DPC Kabupaten Tangerang) terpaksa hanya berjalan memakan waktu 15 menit, dikarenakan harus kembali ditunda. 

Suasana sidang yang tengah berjalan

Dalam persidangan ketua hakim meminta kepada pihak penggugat  (BPAN)  Aliansi Indonesia DPC Kabupaten Tangerang yang diberi kuasa oleh warga kampung turi desa Laksana Kecamatan Paku haji Kabupaten Tangerang untuk melengkapi administrasi persidangan.

Menurut Hakim’ penerima kuasa seharusnya melaporkan surat kuasa nya kepihak pengadilan ketika hendak ber-acara dan Surat kuasa juga diwajibkan ada tanda tangan nya serta dilegalisir terlebih dahulu,pinta Hakim. 

“Bila memang administrasi persidangan  dianggap belum lengkap mengapa dari sidang pertama tidak dipertanyakan oleh hakim?, mengapa sidang pertama tetap digelar? Tutur Surya salah satu pengurus DPC Aliansi Kabupaten Tangerang yang mewakili warga dalam persidangan tersebut.

Di sidang awal pada tanggal 06/03/2019 yang lalu mengapa berkas diterima dan sidang digelar tanpa ada pemeriksaan terlebih dahulu. setidaknya kami bisa mengevaluasi kekurangan apa yang kurang dari pihak kami untuk tetap bisa melanjutkan persidangan, ujarnya. 
Warga Kampung sungai turi 2 RW10 Desa Laksana, Kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang merasa dirugikan oleh kebijakan Pemkab Tangerang atas penutupan akses jalan masyarakat di desanya tersebut dan terkesan mengintimidasi masyarakat sekitar.

Tuntutan kami dari awal kepada pihak pemerintah Kabupaten Tangerang (Pemkab) sangat simple ! hanya meminta keadilan kepada Pemkab Kabupaten Tangerang melalui Gugatan ini,,agar Pemkab membuka kembali akses Jalan yang biasa dilalui warga sebelumnya, karna dengan ditutupnya jalan desa tersebut sangat merugikan masyarakat,pinta Surya. 

Sebelum ditutupnya jalan tersebut, masyarakat sangat di mudahkan dalam menjalankan aktivitasnya, namun saat ini harus menempuh resiko ! yaitu akses jalan yang jauh’ melewati jalan yang bukan jalan umum, yang saat ini diketahui milik salah satu pengembang, dengan pengamanan super ketat. “kami rasa kebijakan Pemkab tersebut sangat ngawur kalau harus menutup jalan tersebut,ungkapnya

Lebih jauh Surya mengungkapkan, sebagai warga negara indonesia mempunyai hak hukum yang sama dalam mengajukan gugatan kepada pihak Pemkab, karena kelalaian dalam melaksanakan kewajiban sebagai aparatur sipil negara yang mana fungsinya haruslah melayani masyarakat,tutup Surya. 

Achmad Tadzudin,SH Kuasa Hukum Aliansi Indonesia Kabupaten Tangerang

Masih ditempat yang sama, kuasa hukum Aliansi Indonesia DPC Kabupaten Tangerang Achmad Tadzudin,SH menjelaskan, “karena Legal Standing nya belum lengkap adanya tahap-tahap pemeriksaan administrasi dari penggugat juga dari tergugat menurut hakim ‘jadi agendanya dimulai kembali minggu depan,tepatnya rabu tanggal 20/03/2019, jelas Tadzudin. 

Midah salah satu warga kampung turi yang turut menyaksikan jalannya sidang yang juga seorang perwakilan dari warga kampung turi meminta, “Kami tidak menuntut banyak, hanya Minta jalan kami dibuka, dikarnakan jalan tersebut adalah akses masuk ke desa kami, dan sudah ada sejak jaman dulu.” Kami (warga) merasa kesulitan karna belum ada jalan penganti jadi minta ke pihak pemerintah untuk ijin membuka jalan tersebut yg di portal atau dipersempit sudah sejak 8 bulan ini jalan tersebut diportal. (Bb) 

0Shares

Comments

comments

Check Also

LAPBAS Desak BPN Transparan Atas Sengketa Lahan Tous.

Rilisnews Cilegon – “Kembalikan Lahan Kepemilikan Tous Kepada Ahli Waris yg sesungguhnya. Slogan tuntutan yang …