Home / Polri / Biro Sdm Umumkan Hasil Rikes Tahap I Penerimaan Polisi T.A 2019 Panda Banten Gelombang 2

Biro Sdm Umumkan Hasil Rikes Tahap I Penerimaan Polisi T.A 2019 Panda Banten Gelombang 2

Rilisnews BANTEN – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) Daerah Banten khusunya kembali membuka kesempatan bagi para pemuda dan pemudi yang berniat menjadi polisi. Pendaftaran Anggota Polri 2019 untuk AKPOL, Bintara dan Tamtama sejak 26 Maret 2019 lalu, dalam pendaftaran masyarakat yang memenuhi syarat langsung masuk keproses tahapan penyeleksian selanjutnya.

Sebanyak 182 peserta yang mengikuti seleksi penerimaan Bintara PTU dan Bakomsus Tahun 2019 Panda Banten gelombang 2 mulai menjalani pemeriksaan kesehatan (Rikkes) tahap I dalam oenerimaan Polri di Polda Banten, di gedung serbaguna Polda Banten, Jum’at (05/04/2019).

Tes Rikkes tersebut langsung dipimpin oleh Kabiddokkes Polda Banten AKBP dr Naryana, M.Kes selaku Katim Rikkes, turut hadir dalam seleksi Rikkes Kabagdalpres Ro SDM bersama staf. Untuk pengawas Internal dilakukan oleh Bidpropam Polda Banten 10 personel dan Itwasda Polda Banten 2 personel, sedangkan dari pengawas eksternal oleh LSM TTKDH Banten sebanyak 1 orang.

Dalam arahannya Kabid Dokkes AKBP dr Naryana, M.Kes selaku Ketua Tim Pemeriksaan kesehatan mengatakan, agar seluruh casis mengikuti segala aturan dalam sistem rikkes pertama ini. Dan dalam pemeriksaan kesehatan tahap awal para peserta tampak memakai kaos dan celana pendek warna putih-putih.

“Mereka menjalani pemeriksaan oleh tim pemeriksa dari berbagai bidang tes,” ujar Naryana.

Menurutnya, selaku Katim, pihaknya selalu memberikan arahan kepada tim pemeriksa kesehatan agar selalu memegang prinsip Betah dan mencatat setiap kekurangan atau penyakit yang diderita casis.

“Rangkaian kegiatan pemeriksaan kesehatan Tahap I meliputi pemeriksaan Timbang Berat Badan, Gigi, Visus atau Mata, Tensi serta Fisik dan Pendalaman,” jelasnya.

Ia menambahkan, hasil dari pemeriksaan ini nantinya langsung akan diberikan kepada casis-casis yang memenuhi syarat (MS) atau TMS (Tidak Memenuhi Syarat). Sebagai bukti keterbukaan pemeriksaan ini, dimana kekurangan casis itu.

Narayana menegaskan, pada pelaksanaan Rikes ini para peserta berjumlah 182 orang dengan rincian Casis Bintara PTU dan Bakomsus Polki Jumlah 75 sedangkan Casis Bintara PTU dan Bakomsus Polwan Jumlah 107.

“Dari jumlah 182 peserta ini yang mengikuti dan melaksanakan seleksi berjumlah 178 orang hanya 4 orang saja yang tidak ikut Rikkes tahap I Panda Banten gelombang 2 dikarenakan peserta ada sesuatu hal,” pungkasnya.

Sementara itu, Karo SDM Polda Banten Kombes Pol Langgeng Purnomo, S.I.K, menyampaikan bahwa penerimaan anggota Polri secara terpadu T.A 2019 menggunakan asas Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) serta clear and clean.

“Dari sekian banyak pendaftar, melalui seleksi dan tahapan-tahapan yang mesti dijalani pada saat tes penerimaan hingga sampai dengan sidang kelulusan nanti,” ujar Langgeng.

Langgeng juga mengimbau kepada casis agar menjalani tes dangan percaya diri. Dan dalam pelaksanaan seleksi, sama-sama melaksanakan tes pemeriksaan administrasi, pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan psikologos, uji jasmani, akademik, pemeriksaan II dan penelusuran mental dan kepribadian (PMK) bagi peserta yang berhasil dan masuk ketahapan selanjutnya.

“Berusaha dan berdoa. Jangan pernah percaya terhadap oknum-oknum yang menjanjikan lulus dengan imbalan uang. Memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat itu semua berdasarkan kualitas dari casis sendiri,” jelas Langgeng.

Adapun Pengumuman hasil Pemeriksaan Kesehatan yang telah dilakukan Polda Banten Tahap I Seleksi Penerimaan Bintara PTU dan Bakomsus T.A. 2019 Panda Banten dilaksanakan pukul 21.30 Wib dengan hasil yang Memenuhi Syarat (MS) dari peserta 182 hanya 73 orang dengan rincian Casis Polki 30 Polwan 43, sedangkan yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) berjumlah 109 orang dengan rincian Casis Polki 45 Polwan 64. Red

0Shares

Comments

comments

Check Also

Kapolres Lebak dan Dandim 0603 Lebak, Cek Kesiapan Pengamanan Rapat Pleno Tingkat PPK

Rilisnews Kepala Kepolisian Resort Lebak, AKBP Dani Arianto S.Ik, MH dan Dandim 0603 Lebak Letkol …