Home / Polri / Program Penghijauan Kapolri, Kapolda Metro Gatot Eddy Pramono – Nana Sudjana Tanam Pohon Eboni di Mapolda

Program Penghijauan Kapolri, Kapolda Metro Gatot Eddy Pramono – Nana Sudjana Tanam Pohon Eboni di Mapolda

RILISNEWS JAKARTA: Kapolda Metro Jaya Komjen Pol Gatot Eddy Pramono didampingi calon pengganti Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sujana menanam pohon Eboni di halaman Gedung Promoter Polda Metro Jaya, Senin (6/1/2020).

“Penanam pohon jenis Eboni secara simbolis sebagai tindak lanjut Program Kapolri peduli penanaman pohon untuk menciptakan penghijauan, disekitar Mako Polri dengan menanam pohon yang bermanfaat bagi lingkungan,” kata Gatot.

Menurut rencana pada hari Jumat, tanggal10 Januari 2020, Kapolda Metro Jaya beserta Kapolres Jakarta Pusat dan anggota akan melakukan kegiatan penanaman 1.000 pohon di Kemayoran, sebagai tindak lanjut program Polri peduli penghijauan.

Untuk diketahui, species kayu eboni ini berupa pohon berbunga yang tersebar di pulau Sulawesi di Indonesia. Dikenal juga dengan nama black ebony atau Makassar ebony, kayu eboni memiliki nama biologis Diospyros Celebica.

Kayu eboni makasar memiliki ciri- ciri warna yang tidak teratur dengan guratan dan bercak acak. Warnanya didominasi dengan cokelat kemerah-merahan dan hitam, serta selalu dalam bentuk strip yang lebar. Tekstur alami kayu eboni bersifat halus dengan serat kayu yang lurus atau sedikit berpadu.

Tinggi pohon kayu eboni bisa mencapai 20-40 meter dengan diameter hingga 100 cm. Karena merupakan jenis pohon yang memiliki bunga, pohon kayu eboni juga menghasilkan biji eboni yang biasa dipanen dengan cara memanjat. 

Eksistensi kayu eboni memang kian tergerus, namun World Concervation Union (IUCN) telah mengeluarkan daftar species yang terancam punah yaitu the 2000 IUCN Red List of Threatened Species dan pohon kayu eboni masuk ke dalam kategori vulnerable (VU Ai cd).

Ini artinya kayu eboni berada di batas beresiko tinggi untuk punah di alam (rentan terhadap eksploitasi).

Kayu eboni memang menarik dipandang dan bisa menghasilkan furnitur berkualitas tinggi, tapi jangan sampai lupa untuk melestarikan jenis kayu eboni.

0Shares

Check Also

Tim Urdokkes Bagsumda Polres Serang Kota Lakukan Cek Kesehatan, Cegah Covid-19

RILISNEWS Kota Serang, Banten – dalam rangka Ops Aman Nusa 2 Kalimaya 2020 Satgas 3 …