Home / Polri / Stok Darah Minim Akibat Covid-19, Anggota Brimob Banten Lakukan Aksi Donor Darah

Stok Darah Minim Akibat Covid-19, Anggota Brimob Banten Lakukan Aksi Donor Darah

Rilisnews Kota Serang – Ditengah mewabahnya virus Corona (Covid-19) yang berstatus pandemi, tak hanya perekonomian yang berkurang, stok darah pun ikut terkena imbasnya.

Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Serang pun mengalami kekosongan. Menurut informasi dari petugas di PMI, biasanya dalam waktu satu hari ada 20 pendonor, tapi saat ini paling banyak ada dua orang yang masih mau mendonorkan darahnya. Karena masyarakat lebih memilih berdiam diri di rumah untuk menjaga kesehatan.

Melihat situasi ini, anggota Satuan Brimob Polda Banten melakukan aksi kemanusiaan. Mereka mendonorkan darahnya bagi kebutuhan pasien yang mendesak.

Komandan Satuan Brimob Polda Banten AKBP Dwi Yanto Nugroho mengapresiasi aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh anggotanya.

“Ya, saya mengapresiasi aksi kemanusiaan anggota Brimob Banten yang mau mendonorkan darahnya untuk orang yang membutuhkan,” ucap Dwi Yanto.

Setelah mendapat informasi dari tim medis bahwa golongan darah AB hanya bisa didonor oleh orang yang bergolongan darah AB lagi, anggota yang berhati mulia ini dengan cepat datang ke PMI. Setelah dinyatakan sehat dan bisa diambil darahnya, anggota Brimob Banten yang bergolongan darah AB ini melakukan transfusi darah dan dinyatakan sebagai Donatur Golongan Darah.

“Jiwa raga kami untuk kemanusiaan, kebetulan stok darah saat ini minim dan bahkan untuk golongan AB kosong. Sementara di Rumah Sakit banyak pasien yang membutuhkan darah,” terangnya.

Terakhir orang nomor satu di Brimob Banten ini menghimbau, “Mari berbuat baik untuk sesama. Yang penting kalau ingin bantu donor darah harus cukup tidur minimal 6 jam, tidak sedang minum obat selama 3 hari terakhir, tidak sedang sakit, termasuk pilek batuk serta tensi darah normal,” tutup Dwi Yanto.

0Shares

Check Also

Polsek Pabuaran Bersinergi, Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Rilisnews Polsek Pabuaran Polres Serang Kota Polda Banten, bersinergi bersama Muspika dan instansi terkait melaksanakan …