Home / Sosial / Mbah Lanjar dan Cemilan Jadul ” Carang Mas “

Mbah Lanjar dan Cemilan Jadul ” Carang Mas “

Rilisnews Magetan – Bagi anda masyarakat Kabupaten Magetan pasti sudah tidak asing dengan camilan jadul “Carang Mas”.
Kue tradisional yang jadul ini memiliki penggemarnya tersendiri. Carang mas merupakan camilan jadul yang memiliki tekstur crunchy.


Bagi anak kekinian, kuliner Nusantara ini belum banyak dikenal. Padahal, kue ini tidak kalah lezat dengan camilan yang kekinian. Memiliki rasa manis dan garing, kue carang mas juga sehat. Karena bahan dasar kue ini terbuat dari ubi jalar.

Mbah Lanjar, kakek berusia 79 tahun asal desa Terung, Kecamatan Panekan ini merupakan salah satu penjual carang mas yang sering menjajakan dagangan nya keliling kota Magetan.

Harga carang mas ini pun sangat terjangkau yaitu 5 ribu rupiah perbungkus. Ketika ditemui, mbah Lanjar pun asyik bercerita tentang kisahnya berjualan carang mas dari tahun 1966 Setiap hari beliau berjalan kaki dari rumahnya, hingga menyusuri jalanan kota dengan memikul dagangannya. Ketika merasa lelah dia beristirahat sejenak ditrotoar maupun berhenti di warung sekedar untuk membeli minuman.

Kakek yang sudah memiliki 8 cucu ini pun semangat sekali bekerja, meskipun usianya sudah tidak lagi muda namun jiwa kerja keras dan kemandiriannya ini patut diteladani.

Mbah Lanjar saat menunjukan dagangannya

Ketika ditanya kenapa masih mau berjualan, beliau menjawab dengan logat bahasa Jawa nya ” Aku seneng kerjo, numpak pit honda ora iso, aku seneng mlaku” (Saya suka bekerja, naik motor tidak bisa, saya sukanya jalan).

Beliau juga bisa menyekolahkan anak dan cucunya dengan hasil keringat nya. Dengan semangat yang dimiliki mbah Lanjar ini kita bisa petik hikmahnya, bahwa berapapun usia seseorang tidak menghalangi untuk terus bekerja keras, dengan segala kekurangan asalkan kita tekun, niat dan ikhlas menjalaninya pasti mendapatkan hasil yang maksimal.

0Shares

Check Also

Keluarga Besar GMBI Distrik Kabupaten Bekasi Bagikan 2.000 Paket Beras di Desa Cikarang Kota

RILISNEWS BEKASI – Keluarga Besar Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Distrik …