Home / Daerah / Gunung Sinabung Erupsi, Keluarkan Abu hingga 5.000 Meter

Gunung Sinabung Erupsi, Keluarkan Abu hingga 5.000 Meter

Rilisnews Karo Sumatra Utara – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, kembali erupsi hari ini pukul 10.16 WIB. Gunung Sinabung kembali mengeluarkan debu berwarna kelabu dengan tinggi kolom 5.000 meter dari atas puncak.

Berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Erupsi terjadi pada pukul 10.16 WIB dengan ketinggian 7.460 meter dari permukaan laut.

Dari pantauan pos pengamatan Gunung Sinabung, kolom abu berwarna kelabu yang keluar dengan intensitas tebal dengan kecondongan mengarah ke Timur dan Tenggara.

“Iya tadi sekitar pukul 10.16 WIB kembali terjadi erupsi gunung Sinabung dengan ketinggian kolom 5000 meter di atas puncak gunung,” terang Kepala PVMBG Kasbani, Senin (10/08/2020).

Kasbani mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mewaspadai aktivitas gunung Sinabung, dengan tidak berada pada radius yang telah ditentukan yakni radial 3 kilometer dan radial sektoral 5 kilometer untuk Selatan-Timur dan 4 kilometer sekrot Timur-Utara.

“Kita harapkan warga tetap waspada dengan aktivitas gunung Sinabung saat ini. Tidak masuk dalam radial 3 kilometer dari puncak Sinabung, dan gunakan masker saat hujan abu,” harapnya.

Diketahui sejak Sabtu (8/8/2020) hingga hari ini telah terjadi tiga kali erupsi gunung Sinabung. Yakni pada Sabtu dua kali erupsi dengan ketinggian kolom 2000 meter pada pukul 01.58 WIB dan 1000 meter pada sore hari.

Hingga saat ini kondisi di kawasan gunung Sinabung masih diselimuti abu vulkanik akibat erupsi. (Red)

0Shares

Check Also

Polsek Gido lakukan Pengamanan Penyaluran BLT DD Tahap 3 Desa Tuhembuasi

Rilisnews Nias – Personil Bhabinkamtibmas Polsek Gido laksanakan pengamanan Penyaluran KPM BLT-DD Tahap 3 yang …