Home / Nasional / 124 KPM Desa Somi Botogo’o.Terima Penyaluran BLT Tahap Kedua bulan Juli 2020.

124 KPM Desa Somi Botogo’o.Terima Penyaluran BLT Tahap Kedua bulan Juli 2020.

Rilisnews Nias – Pemerintah Desa Somi Botogo’o melaksanakan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Tahap kedua bulan Juli 2020 yang di peruntukan bagi 124 KPM warga Desa Somi Botogo’o Kec.Gido Kabupaten Nias Sumatera Utara.

Kegiatan Penyaluran BLT dana desa ini dilaksanakan di gedung Gereja GBI jemaat Hilibotogawu desa Somi Botogo’o Kecamatan Gido Kab. Nias, Selasa (01/09/2020) 09.00 Wib.

Keluarga penerima manfaat BLT sebanyak (124) Seratus dua puluh empat kepala keluarga yang bersumber dari APBDesa tahun 2020 yang difasilitasi oleh tim relawan pencegahan Covid-19 kepada masing-masing KPM menerima Bantuan BLT dana desa sebesar Rp.300.000,- (tiga ratus ribu rupiah)

Kebijakan tersebut, tertuang dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua atas 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Melalui aturan ini, pemerintah menambah besaran dan jangka waktu pemberian BLT Dana Desa kepada masyarakat.

Awalnya sebesar Rp 1,8 juta per keluarga penerima manfaat (KPM), mengalami peningkatan menjadi Rp 2,7 juta/KPM. Pemerintah juga memperpanjang jangka waktu pemberian BLT ini dari sebelumnya 3 bulan menjadi 6 bulan. 

Dalam kesempatan tersebut turut hadir diantaranya : Babinsa Koramil 02 Gido Serda. Sofulala Zebua, Pendamping Desa Artilina Waruwu, S.Pd, Kepala Desa Somi Botogo’o Elisman Hulu, A.Ma.Pd bersama perangkat desa, Ketua BPD desa Somi Botogo’o beserta Anggota, Ketua LPM, Pendamping Lokal desa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Tim Relawan Covid-19 Desa Somi Botogo’o Kecamatan Gido Kabupaten Nias. 

Dalam sambutan nya, mewakili Babinsa Koramil 02 Gido oleh Serda Sofulala Zebua mengharapkan kepada masyarakat untuk mengikuti himbauan pemerintah mengikuti protokol kesehatan selalu mengenakan alat pelindung diri memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, dan tidak boleh bersalaman kepada siapapun dan membatasi diri untuk bepergian untuk menghindari kita dari penyakit Virus corona (Covid-19) yang sedang mewabah saat ini dikepulauan nias,” harapnya.

“Lanjut, Serda Sofulala Zebua mengimbau agar bantuan yang diterima oleh Keluarga penerima manfaat sekiranya dipergunakan untuk keperluan dan kebutuhan keluarga,” imbau Sofulala.

Ditambahkan, Pendamping desa Artilina Waruwu, S.Pd dalam sambutannya bahwa diantara 21 desa di Kecamatan Gido baru 5 desa yang sudah menyalurkan BLT tahap II bulan juli 2020 dan memberikan apresiasi kepada pemerintah desa Somi Botogo’o atas percepatan penyaluran dana bantuan dimaksud dan pesannya semoga kekuarga penerima supaya mensyukuri dan mempergunakannya sesuai peruntukan dan kebutuhan didalam keluarga masing-masing, ungkapnya.

“Terima kasih banyak atas bantuan langsung tunai dari pemerintah yang disalurkan kepada kami masyarakat desa Somi Botogo’o yang 124 KPM untuk membantu kebutuhan ekonomi keluarga kami dimasa situasi pandemic covid-19 ini ujar salah satu warga yang mewakili keluarga penerima manfaat BLT-DD atas nama Jeni Yarman Zamasi.

(Tohunasokhi Zamasi S.Pd.)

0Shares

Check Also

BLT UMKM Tidak Dipungut Biaya, Diberikan bertujuan untuk membantu Usaha Mikro agar Bertahan di tengah Pandemi Covid-19.

Rilisnews Jakarta – Bantuan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebesar Rp …