Home / Tangerang / PERKUAT KETAHANAN PANGAN,KELURAHAN GANDASARI TANAM ANEKA JENIS SAYUR MAYUR

PERKUAT KETAHANAN PANGAN,KELURAHAN GANDASARI TANAM ANEKA JENIS SAYUR MAYUR

Rilisnews , Tangerang – Pada masa pandemi covid 19 yang hingga saat ini masih belum berakhir, sementara segala kebutuhan harus terus bergulir demi kelangsungan hidup. Ùntuk itu kita perlu berinovasi dengan jalan perkuat sandang pangan melalui tanaman sayur mayur.

Demi meningkatkan ketahanan pangan secara mandiri, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan hingga merucut ke tingkat Kelurahan terus merealisasikan dan mensosialisasikan untuk kegiatan berkebun dan bercocok tanam dengan memanfaatkan lokasi lahan yang ada di sekitar kantor Kelurahan Gandasari.

Kantor Kelurahan Gandasari yang beralamat di Jalan Arya Kemuning No.10, Rt.005/Rw.004, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang
yang berbatasan dengan Kabupaten Tangerang ini memang lebih di dominasi oleh pabrik – pabrik yang banyak sekali.

Lurah Gandasari, Setiahadi, saat di temui awak media Rilisnews di ruang kerjanya mengatakan, “
Untuk Kelurahan Gandasari sudah beberapa kali juara, Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga) juara ke 2 tingkat Kota Tangerang tahun 2020. PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat) juara ke 2 tingkat Kota Tangerang tahun 2019. Proklim (Program Kampung lklim) dapat sertipikat dari Kementrian Lingkungan hidup tahun 2020 “ujarnya.

Masih kata dia, bahwasannya Pemerintah Kota Tangerang terus berupaya untuk penyediaan pangan yang cukup. Dan hasil prodak yang di tanam turut di berikan ke warga sekitar Kelurahan.

“Kami di sini telah menanam beraneka jenis sayur mayur antara lain kangkung, pakcoy, kembang kol, kubis, pare pahit, timun, tomat dan ada juga singkong, ubi, jagung, cabe dan lain – lain. Itu semua jenis tanaman produktif dengan sistem pertanian hidroponik,” tutup Setiahadi.

Di tempat terpisah, ketua KWT Harmonis yang berada di Rw 03, Lilis Susilawati di dampingi oleh Trimardani selaku sekretaris PKK Kelurahan Gandasari dan para warga sedang bercocok tanam jenis sayuran dan palawija.

“Kami disini terus berupaya memanfaatkan lahan kosong milik Koh Abun untuk d manfaatkan sebagai perkebunan sayur mayur dan palawija, “ucapnya.

Dan ini tentunya akan menjadi hal yang positif bagi semua warga yang ada di sekitar Kelurahan Gandasari, dan seluruh Rw – Rw yang berjumlah 7 Rw. Lahan yang sebelumnya di tumbuhi rumput liar kini berubah menjadi pekarangan yang asri dengan beraneka ragam tanaman untuk sandang pangan dan tanaman bermacam – macam jenis bunga yang indah.

(Robiah)

0Shares

Check Also

Incar Kursi Walikota, Kader PAN Usung Ella Silvia

Rilisnews Kota Tangerang – Kendati belum diketahui secara pasti kapan pemilihan kepala daerah bakal digelar, …