Home / Polri / Hindari Tindakan Pungli, Lakukan Tugas Dengan Baik Tanpa Menimbulkan Komplen Dari Masyarakat.

Hindari Tindakan Pungli, Lakukan Tugas Dengan Baik Tanpa Menimbulkan Komplen Dari Masyarakat.

Rilisnews Jakarta – Dalam Rangka Operasi Patuh Jaya 2019, Polda Metro Jaya Gelar Apel Pasukan Operasi Patuh Jaya 2019.

Gelar Apel Pasukan yang mengambil tempat di lapangan Promoter Dit Lantas Polda Metro Jaya ini dipimpin langsung Oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol.Wahyu Hadiningrat Kamis 29  Agustus 2019 – 07.00 wib. 

Giat Apel Gelar Pasukan Gabungan rangka Operasi Patuh Jaya 2019 diikuti 2389 Pasukan yang diantaranya dari POLRI, TNI, dan DISHUB DKI.

Dalam arahannya Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono melalui Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol.Wahyu Hadiningrat menyampaikan,”Permasalahan dibidang Lalulintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat dan dinamis, hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan alat Transportasi sebagai sarana mobilitas untuk memenuhi kebutuhan hidup,ujarnya.

“Perkembangan Transportasi juga telah menginjak Era Digital dimana Operasional order angkutan Publik sudah berada dalam genggaman, yaitu cukup dengan hanya mengunakan Handphone, sehingga dalam Era Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dalam pelaksanaan tugas kepolisian, serta peningkatan kinerja Polri khususnya Polantas agar mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari Modernisasi Transportasi,sehingga Polisi dapat melaksanakan program Kapolri yang disebut PROMOTER (Profesional Modern Terpercaya). 

Sesuai Amanat Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan Jaya, kita diharapkan untuk,  satu (1) mewujudkan dan memelihara keamanan dan keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas, dua (2) Meningkatkan keselamatan dan menurunkan tingkat patalitas korban kecelakaan Lalu lintas, tiga (3) Membangun Budaya tertib Berlalu lintas,dan yang ke-empat (4) meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat Poin diatas merupakan hal yang komplek dan tidak bisa di tangani oleh Polantas Sendiri, melainkan dibutuhkan sinergitas antara institusi pemangku kepentingan dalam menemukan akar masalah dan solusinya,terang Kapolda Metro Jaya Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono melalui Wakapolda Metro Jaya Brigjen Pol.Wahyu Hadiningrat (29/08). 

“Salah satu yang menjadi Fokus perhatian kita bersama saat ini adalah keselamatan dalam Berlalu lintas memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap sebagai sebuah hal yang penting, hal  itu dapat ditunjukkan dari Politikel Wil pengguna lalulintas. 

Kesadaran pengguna lalulintas,baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor maupun pengguna jalan lainnya masih rendah,ungkap Kapolda. 
Perlu kita ketahui bersama jumlah pelanggaran Lalulintas pada pelaksanaan Operasi Patuh Jaya Tahun 2018 sejumlah 212.685 pelanggaran meningkat 90% dari tahun 2017, dengan jumlah tilang sebanyak 69.906 Lembar dengan jumlah teguran berjumlah 142.779 teguran.
Sedangkan data pelanggaran Lalulintas pada juli 2019 sebanyak 131.823 pelanggaran dengan tilang sebanyak 98.366 Lembar dengan teguran 33.457

Operasi Patuh Jaya 2019 ini akan dilaksanakan selama 14 hari yang dimulai dari tanggal 29/08/2019 sampai dengan 11 September 2019 secara serentak diseluruh Indonesia dengan mengedepankan kegiatan Gakum disertai giat Preentif dan Preventif secara selektif prioritas untuk mewujudkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap Undang-undang Lalulintas jalan,”harap Kapolda.

Sasaran Operasi Patuh Jaya 2019 adalah sebagai berikut,  ” Pengemudi melawan arus, pengemudi dibawah umur, pengemudi yang kendaraannya mengunakan Rotator atau sirene yang bukan peruntukannya, pengemudi yang menggunakan Handphone, pengendara motor yang tidak menggunakan Helm yang SNI, dan pengemudi dalam keadaan mabuk, serta pengemudi yang mengendarai melebihi batas yang telah ditentukan,”ucapnya.

Dengan sasaran penindakan terhadap pelanggaran Lalulintas tersebut diatas maka diharapkan maka, diharapkan Operasi Patuh Jaya 2019 kali ini dapat menekan jumlah korban patalitas dan Meminalisir kemacetan Lalulintas serta terwujudnya Kamseltibcarlantas yang mantab,”harap Kapolda lagi. 

Selama Operasi agar utamakan Faktor keselamatan dengan mempedomanis Standar Operasional Prosedur yang ada, hindari tindakan Pungli, lakukan tugas dengan baik tanpa menimbulkan komplen dari masyarakat, dan panjatkan doa sebelum melaksanakan tugas . pintanya.  (Bb)

0Shares

Check Also

Barang Bukti Narkoba Hasil Operasi Nila Jaya 2020 Dimusnahkan

Jakarta,- Polda Metro Jaya dan Polres Jajaran membuktikan keseriusan Polri dalam memberantas peredaran narkoba serta …